Hanum Publisher Luncurkan Buku Riwayat Kuliner Indonesia

Badiatul Muchlisin Asti (baju biru) dalam peluncuran buku karyanya di Rumah Kreatif Grobogan.

Selasa (23/8/2022), penerbit Hanum Publisher meluncurkan buku karya Badiatul Muchlisin Asti yang berjudul “Riwayat Kuliner Indonesia (Seri 1): Asal-usul, Tokoh, Inspirasi, dan Filosofi. Peluncuran buku diadakan di Rumah Kreatif Grobogan (RKG), Jalan D.I. Panjaitan, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. Acara peluncuran dihadiri sejumlah tokoh budaya, pelaku wisata, pegiat ekonomi kreatif, pengusaha kuliner,  food vlogger, dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, penulis buku Badiatul Muchlisin Asti menyatakan, buku karyanya yang diluncurkan berisi kompilasi artikel yang ditulisnya bertema riwayat pelbagai kuliner ikonik di sejumlah daerah di Indonesia yang telah dimuat di sejumlah media. Artikel-artikel itu secara khusus mengupas jejak sejarah berbagai kuliner, berikut tokoh-tokoh yang berperan penting di dalamnya, juga inspirasi dan filosofi  yang terkandung di dalam setiap kuliner tersebut.

Menurutnya, kuliner tidak sekedar persoalan cita rasa, tapi juga ada jejak sejarah panjang yang bisa kita telusuri. Juga inspirasi dan nilai-nilai filosofis yang bisa kita gali pada setiap kuliner, serta kreativitas leluhur kita dalam mengolah pelbagai potensi pangan lokal yang di-create menjadi aneka kuliner lezat yang bisa kita nikmati hingga hari ini.

“Karena masih banyak kuliner ikonik lainnya yang belum terakomodasi di buku ini, insya Allah akan disusul seri buku Riwayat Kuliner Indonesia berikutnya,” kata penulis yang telah menulis dan menerbitkan lebih dari 60 buku itu. 

Selain peluncuran buku, acara dirangkai dengan bincang kuliner dan demo pembuatan kerupuk daun kelor sebagai salah satu diversifikasi dan pengembangan kerupuk dengan memanfaatkan potensi lokal daerah.

Pemesanan buku Riwayat Kuliner Indonesia silahkan hubungi no WhatsApp: 085742208552.

Diskusi