Konstelasi Pemikiran Pedagogik Syed M. Naquib Al-Attas, Perspektif Pendidikan Islam Modern

Gambar Produk 1
Rp 55.000 Rp 50.000
Judul: Konstelasi Pemikiran Pedagogik Syed M. Naquib Al-Attas, Perspektif Pendidikan Islam Modern
Penulis: Rian Hidayat El-Bantany
Penerbit: Hanum Publisher
Cetakan Pertama: Oktober 2017
Tebal buku: 148 hlm
Jenis cover: Softcover
ISBN: 978-602-60075-2-0





Syed Muhamamd Naquib Al-Attas mungkin tidak banyak dikenal oleh publik awam Indonesia. Namun bagi kalangan akademisi yang pernah membaca karya-karyanya yang telah diindonesiakan, seperti Islam dan sekularisme, Islam dan Filsafat Sains, atau Konsep Pendidikan Islam, pasti mengenalnya.

Sisi penting sosok Al-Attas sebagai pemikir dan pembaharu di dunia Islam tercermin dari gagasan perlunya islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer yang kemudian dipopulerkan oleh Ismail Raji Al-Faruqi. Gagasannya bukan tanpa konsep, melainkan titik kulminasi beberapa pemikiran konseptualnya yang kemudian dikumpulkan dalam karyanya Prolegomena to the Metaphysich of Islam.

Kepeduliannya yang sangat kuat terhadap kemunduran umat Islam, termanifestasi pada gagasan dan pemikiran konseptualnya yang diimplementasikan ke dalam lembaga pendidikan bertaraf internasional. Inilah substansi dari buku ini, yakni mengungkap pemikiran-pemikiran cemerlang Al-Attas tentang pendidikan Islam dan relevansinya dengan pendidikan Islam modern. Buku ini membahas kerangka berpikir Al-Attas tentang pedagogik Islam misalnya Rekonseptualisasi Pendidikan Islam, Kurikulum dan Metode Pendidikan, Makna dan Tujuan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Mengetahui, dan Islamisasi Ilmu Pengetahuan.

Untuk melihat apakah kontribusi pemikiran pedagogik Syed Muhammad Naquib Al-Attas dapat dipandang sebagai teori yang acceptable dan applicable dalam pedagogi Islami dan kontemporer, maka dalam mengulasnya digunakan pendekatan filosofik, yaitu suatu sudut tinjau –sesuai dengan objek formalnya- yang menempatkan objek secara utuh, menyeluruh, dan mendasar.

ORDER VIA CHAT

Produk : Konstelasi Pemikiran Pedagogik Syed M. Naquib Al-Attas, Perspektif Pendidikan Islam Modern

Harga :

https://www.penerbithanum.com/2022/10/konstelasi-pemikiran-pedagogik-syed-m.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi